Selasa, 26 Februari 2013

People Call It "SMPIT Thariq Bin Ziyad"


Setiap pagi langkah melaju
Semangat menggebu menuntut ilmu
Tak henti bertanya kepada guru
Merajut ceria masa depanku

Fisik kuat itu sudah pasti
Fikiran cemerlang wajah berseri
Akidah mantap tetap terpatri
Akhlak terpuji hiasan diri

Rajin belajar kesenanganku
Taat ibadah kegemaranku
Disiplin diri itu tekadku
Gapai prestasi cita-citaku

Thariq Bin Ziyad panglima tinggi
Thariq Bin Ziyad pejuang sejati
Thariq Bin Ziyad gagah berani
Thariq Bin Ziyad kekasih Ilahi

oh hello! Sorry i just sang a song of my school. And i think i'm going to tell you about my junior high school. which i spend my 3 years of studying there. people call it...
SMPIT THARIQ BIN ZIYAD


nah itu dia sosok SMP gue tercinta... yang sebentar lagi ga akan gue dudukin lagi, karna insyaAllah sekolah gue berhasil membuat gue sukses melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. amin.
Yayasan Thariq Bin Ziyad senantiasa berkomitmen dalam pencapaian tujuan pendidikan sejalan dengan perkembangan keilmuwan sekarang ini.

SMP IT Thariq Bin Ziyad yang merupakan salah satu unit Yayasan Thariq Bin Ziyad sudah 8 tahun melayani jasa pendidikan dengan kesungguhan, sehingga kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat semakin bertambah.

Dengan kesungguhan dan komitmen yang senantiasa terjaga membuahkan prestasi – prestasi, diantaranya :

  • Terakreditasi “A” dengan nilai 95,50 (sangat baik)
  • Tingkat kelulusan 100%
  • Nilai rata – rata UJIAN NASIONAL 8,21
  • Menjalin kerjasama dengan Science Center Universitas Indonesia (UI) dalam membina siswa berprestasi untuk ikut Olimpiade Sains Nasional (OSN)
  • Menjuarai berbagai lomba – lomba.

Untuk melihat official site dari Thariq Bin Ziyad, bisa klik di sini dan untuk official sitenya SMPIT Thariq Bin Ziyad klik di sini. Atau untuk melihat video profil SMPIT Thariq Bin Ziyad, bisa klik di sini.


Untuk tahun ajaran kali ini (2012-2013), SMPIT Thariq Bin Ziyad terdiri dari 19 kelas yang masing-masing kelasnya terdiri dari 22-34 siswa. 19 kelas itu terbagi menjadi:
- 7 kelas untuk siswa/i kelas 7 (3 kelas Wawasan Internasional dan 4 kelas reguler)
- 6 kelas untuk siswa/i kelas 8 (3 kelas Wawasan Internasional dan 3 kelas reguler)
- 6 kelas untuk siswa/i kelas 9 (3 kelas Wawasan Internasional dan 3 kelas reguler)

SMPIT Thariq Bin Ziyad memiliki 14 mata pelajaran, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam/ IPA (Fisika & Biology), Al-Quran, Pendidikan Agama Islam (PAI), Seni Budaya dan Kesenian (SBK), Bimbingan Konselling (BK), Olahraga, Bahasa Sunda, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Bahasa Arab, serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Banyak kegiatan mendidik yang diadakan SMPIT Thariq Bin Ziyad, diantaranya:
1. MABIT (Malam Bina Iman dan Takwa)
MABIT adalah salah satu sarana tarbiyah (wasa’ilut tarbiyah). Secara bahasa, mabit berarti bermalam. Istilah yang sangat masyhur kita dapati pada salah satu rangkaian ibadah haji yaitu mabit di Mina.
Dalam terminologi dakwah dan tarbiyah, mabit adalah adalah salah satu sarana tarbiyah untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah (khususnya shalat tahajjud, dzikir, tadabbur dan tafakkur). Untuk memudahkan memahami definisi ini, biasanya mabit dijadikan akronim dari MAlam Bina Iman dan Taqwa.
Karena MABIT merupakan sarana tarbiyah maka MABIT menjadi agenda rutin yang dilaksanakan 2 bulan sekali  di SMPIT Thariq Bin Ziyad dengan segala definisi, adab dan tujuannya.

2. JALASAHRUHI
Kegiatan ini sama seperti MABIT. Letak perbedaannya adalah, mabit merupakan kegiatan untuk ikhwan dan jalasahruhi untuk akhwat. Selain itu, jalasahruhi juga tidak bermalam di sekolah, berbeda dengan MABIT. Acara ini dilaksanakan 2 bulan sekali pada hari Kamis. Kegiatannya adalah, selepas shalat ashar bersama kami tidak pulang. Melainkan tetap duduk di sana dan mendengarkan siraman rohani dari guru kami, sambil menunggu terdengarnya adzhan maghrib untuk berbuka bersama. Karena, SMPIT Thariq Bin Ziyad menerapkan aturan puasa sunnah setiap Kamis.

3. GO TO ISLAMIC BOOK FAIR
Setiap tahunnya, SMPIT Thariq Bin Ziyad melakukan kunjungan ke Islamic Book Fair. Mengapa? Karena banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan mengunjunginya. Salah satunya, dengan membaca kita bisa memperluas wawasan. Tentunya masih banyak alasan serta manfaat lain yang bisa kami dapatkan dengan mengunjungi Islamic Book Fair.




4. CLASS MEETING
Ini dia acara yang ditunggu siswa-siswi SMPIT Thariq Bin Ziyad. Acara Class Meeting, di mana tiap kelas berlomba-lomba dalam berbagai hal, seperti olahraga bulu tangkis, basket, futsal (ikhwan), bola tangan (akhwat), menghias kelas, catur, membuat cerpen, scrabble, dan lomba-lomba lainnya.
lomba futsal
lomba basket










5. TARHIB RAMADHAN
Kegiatan ini dilaksanakan menjelang Ramadhan. Siswa-siswi diberikan bingkisan untuk dibagikan kepada orang-orang pinggiran di sekitar SMPIT Thariq Bin Ziyad untuk menyambut datangnya Ramadhan.


6. FESTIVAL BAHASA
Ini kegiatan baru di SMPIT Thariq Bin Ziyad. Mengapa disebut Festival Bahasa? Karena di sini berbagai berbagai bahasa dilombakan. Seperti membaca puisi untuk Bahasa Indonesia, membaca pidato bahasa Arab untuk Bahasa Arab, membaca cerita dengan bahasa Inggris untuk Bahasa Inggris, dan membaca cerpen bahasa sunda untuk Bahasa Sunda.

7. LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa)
Kegiatan ini dilaksanakan oleh siswa/i kelas 7. Tujuannya untuk mengembangkan sifat kepemimpinan siswa. Dilaksanakan di daerah gunung, kami melakukan camping disana selama 3 hari 2 malam.

8. TSO (Thariq Student Outbond)
Nah kalau yang ini tidak berbeda jauh dengan LDKS. Acara TSO ini dilaksanakan oleh siswa/i kelas 8. Biasanya sih, bermain air.

9. ENGLISH OUTING PROGRAM (EOP)
Kegiatan ini sih, khusus untuk anak kelas Wawasan Internasional. Tapi kalo kuotanya masih cukup, bisa ikutan juga kok! Jadi kita menginap di Kampung Inggris, Pare, Kediri selama sekitar 1 minggu untuk diajarkan berbahasa inggris dan membiasakannya. Kalo ketauan pake bahasa Indonesia, kena denda! EOP pertama kali diakhiri dengan kunjungan ke Bali untuk mempraktekkan apa yang telah diajari dengan berbicara dengan bule. Di Bali juga menginap. Namun 2 angkatan setelahnya, diajak bermain ke JaTim Park! pokoknya, asik dehh


10. ENGLISH HOLIDAY PROGRAM (EHP)
ini sebangsa sama EOP, tapi kalo EHP itu kita ke luar negeri, yaitu Singapore. Programnya seperti pertukaran pelajar. Jadi kita ikut belajar di salah satu sekolah islam di Singapur yaitu Al-Junied.


dan masih baaanyak lagi kegiatan yang ada di Thariq yang tentunya asik dan mendidik! thats why i love Thariq. Sekian dulu yaa jangan lupa daftar ke thariq wk bye!;D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar