Minggu, 20 Mei 2012

Little Rainbow - Part Four #1


Part Four
Oke, hari ini gue ke sekolah dengan agak lebih bersemangat. Kenapa? Karna audisi castingnya ntar sore. Gue pun turun tangga dan menuju ruang makan. Emak udah mulai sarapan duluan. Ohya, selama ini gue belom ceritain bokap gue ye. Bapa gue lagi dinas di luar negeri, yaitu NEGERI PARIS van java. Pulangnya ga nentu, kadang dua minggu sekali kadang sebulan sekali. Pernah juga seminggu sekali tapi jarang.
“eh mama, udah sarapan duluan ma?”
“iya nih mama mesti pagian, takutnya kena macet,” jawab emak gue.
Gue merhatiin bibi gue yang daritadi mondar mandir. “ngapain bi?” bibi gue langsung nengok. Eh engga non, ini, ada yang jatoh...,” jawabnya. “apaan?” “eh engga engga! Bibi bisa nyari sendiri kok!” “iya tapi apaan? Kali aja Visca nemu,” gue merhatiin daerah bibi gue ga ada sesuatu yang janggal. Gue liat mukanya. Ada yang rada mengkilap pas kena cahaya. Dan pas gue perhatiin baik baik ternyata itu sebuah lingkaran kecil yang agak mencembung.
“bibi nyari kontak lens ya?” bibi gue langsung nengok kenceng.
“eh eng... engga kok non!”
“masa? Kalo kontak lens tuh ada di deket mata bibi satu di pipi satu,”
Bibi gue langsung meriksa dan ngambil kontak lensnya dan lari ke wastapel buat masang kontak lens. Sebelum gue sempet nanya emak gue ngedahuluin gue.
“sejak kapan bibi pake kontak lens?”
“engg udah sebulan kira kira bu,”
“beli sendiri?”
“iya,” jawab bibi gue sambil tersipu malu. Ih jijik liatnya.
Ngeliat emak gue, gue langsung keinget bahwa gue belom ijin emak gue untuk ikut audisi casting. Tanpa basi basa gue pun ijin.
“ma, Visca mau ikut audisi casting ya?”
Emak gue yang lagi menyeruput teh langsung menghentikan adegannya itu.
“kamu serius?” gue pun ngangguk.
“Visca, kamu ga inget kalo kamu udah kelas 3 SMA? Udah mau ujian loh. Udah ga usah yang macem macem. Sekarang kamu belajar aja,”
“ya tapi ma, Visca kan masih tetep bisa belajar,”
“engga engga, tetep aja kamu ga konsentrasi,”
“mah ayo dong buat refreshing,”
“Visca, dengerin mama. Kamu udah kelas 3 jadi kamu udah ga perlu macem macem. Sekarang tinggal pikirin belajar aja buat ngadepin ujian. Ini buat masa depan kamu juga loh...”
Gue sempet diem. “tapi Visca udah daftar ma”.
Emak gue pun menghabiskan tehnya, mengambil tas kerjanya, memaksa gue untuk salim dan keluar rumah, “ya kamu ga usah dateng. Udah ya mama kerja dulu, belajar yang bener”.
Gue natep emak gue yang terus berjalan sampe emak gue ilang dari pandangan gue. Gue ngehembusin napas. Gue natep meja makan. Hfft gue udah ga napsu. Tapi dengan setengah ati gue pun makan. Karna gue taulah sarapan itu penting buat kesehatan. Ea asik kan gue.
Gue langsung unmood. Gue galau. Jujur aja gue emang bukan cewek feminine maupun tomboy, tapi di tengah tengahnya. Dan walaupun gitu gue tertarik aja di dunia casting. Entah kenapa. Yahh emang gini ga enaknya jadi anak kelas dua belas. Belajar belajar dan belajar. Gue buru buru ngabisin sarapan gue dan ngambil kunci motor gue. Bismillah deh semoga dalam keadaan kacau gini gue masih bisa selamat.
Abis make helm gue pun caw. Ga lupa gue selalu jemput Rayna.
Mendadak pikiran gue kacau mengingat Nyi Rerey. Ya Rabb, mengapa disaat genting seperti ini  hambaMu ini harus teringat akan hadirnya Nyi Rerey dalam rumah Rayna. Mengapa? Mengapa?!
Oke sabar Vis, sabar. Ini cuma ujian dari Allah oke? Cuma ujian. Yak gue udah memasuki daerah rumah Rayna. Dengan perlahan tapi pasti gue memarkir motor gue depan rumahnya. Alhamdulillah banget Rayna udah nangkrik di depan teras. Begitu ngeliat gue dia manggil emaknya buat salim. Iya, dia mau salim ke emaknya. Tunggu, emaknya?! Dengan kata lain... Nyi Rerey?!
Ha dzing dzing gaswat. Ini gaswat. Sungguh bahaya. Cilaka. Ini tak bisa dibiarkan. Akankah gue terlibat dalam percakapan yang tidak biasa? Percakapan luar biasa! Hm bukan, percakapan luar binasa!! Dalam kepanikan ini mata gue manangkap sebuah tong sampah yang ga jauh dari situ. Masa iya gue mesti ngumpet disitu? Ngga, bisa bisa gue bau. Eh, iya, gue harus, karna ga ada tempat lain dan suara langkah kaki itu sudah mulai terdengar.
Saat gue mulai menjauhi motor gue, tepat saat itu sesosok wanita nongol dan menyapa gue, “eh Visca, apa kabar?” JLEB. Ha-ha mati lu Vis. Oke, terpaksa. Gue senyum, “baik tante”. “mau kemana? Kok turun dari motor?” eng ing eeng! Jger, tepat sasaran. Gue muter otak. “tadinya mau nyusul Rayna, kok lama ga naik naik ke motor,” gue ketawa dikit. Rayna natep gue heran, gue kedipin dia dengan penuh makna.
“ohh udah nunggu lama ya? yaudah deh, sana Na, kamu berangkat,” kata Nyi Rerey.
Wahaaaaatt?! Semudah itu?! Ayeyy gue bahagia mendadak. Setelah salam, gue sama Rayna pun cabut ke sekolah.
“heh, kenapa lo diem aja?” tanya Rayna. Gue diem bentar.
“ha? Gak papa,”
“yelah, serius.”
“maksud lo apa sih? Ya benerr ga papa”
“haa serah deh”
Gue langsung tancep gas dan ga lama kemudian kita sampai di sekolah. Gue ambil posisi parkir di deket pohon, biar adem. Abis nyopot helm gue jalan masuk ke kelas bareng Rayna.
Sampe di kelas. Gue langsung duduk di tempat gue. Randy udah lebih dulu sampe. Ga heran, dia emang rajin.
“eh elu bro, udah dateng nih?” sapanya. Gue cuma ngangguk. Di bagian sini gue heran. Dia itu pinter, sumpah deh, pinter. Tapi pertanyaannya, dengan jelas dia ngeliat gue udah ada disini. Tandanya gue udah dateng kan? Terus kenapa dia pake nanya segala ‘udah dateng nih?’ kenapaa?! Kenapaa?!! Oke cukup. Di tempat duduk gue bener bener diem. Gue masih unmood karna ga boleh ikutan casting.
“Vis, kenapa lu diem aja? Kesambet apaan jadi kalem gitu? Hahaha!”
Gue langsung  nabok punggungnya Randy. Tiba-tiba Rayna dateng.
“Ray, dia kenape?” tanya Randy pada Rayna sambil nunjuk ke arah gue. Rayna cuma ngangkat bahu. Kita bertiga hening sejenak. Tiba-tiba Rayna memecah keheningan itu dengan pertanyaan yang ga gue suka, “eh Vis ntar lo jadi ikut kan casting?”. Gue natep dia, terus kembali natep meja gue. Gue cuma ngegeleng. “ha?” Rayna heran. “serius lo Vis?” Randy keliatan heran.
Gue ngangguk. “kenapa?” tanya Rayna. Gue membetulkan posisi duduk gue. Gue mainin bibir gue, dan baru gue ngejawab, “gue ga boleh sama emak gue,”. “katanya kalo udah kelas dua belas fokusin belajar aja, ga usah yang macem macem, dan blaablaablah” lanjut gue lagi. Kemudian hening lagi. Ga ada yang berani ngomong baik Rayna maupun Randy. Mereka berdua sama sama ga berani natep muka gue, apalagi mata gue.
“yaah akhirnya sekarang kalian ngerti kan kenapa gue diem daritadi,” ucap gue sambil berdiri dan beralih dari kursi gue. Rayna sama Randy saling tatap-tatapan.
“kemana Vis?” tanya Rayna.
“toilet,” jawab gue singkat. Gue tetep ngelanjutin langkah kaki gue ke toilet.
Di tolet. Mungkin keberuntungan lagi ga berpihak di gue, karna tepat saat kaki gue melangkah keluar kamar dari kamar mandi gue kepeleset. Elah sial. Gue perhatiin sekitar. Kenapa jadi becek gini? Kerjaan siapa sih nih? Gue meringis. Pantat gue sakit gara gara jatohnya emang keras. Gue mencoba berdiri. Dan kayaknya kaki gue nyenggol pel, dan pel yang gagangnya mungkin dari besi itu menimpa muka gue. Tepat di idung gue. Sumpah sial, udah pesek makin pesek.
Gue meringis lagi. Pantat gue masih sakit dan idung gue juga sakit. Tiba-tiba Rayna dateng dan ngeliat gue terdampar di lantai toilet.
“Visca?” dia bantuin gue berdiri. “lo kenapa? Lo gak papa?” tanyanya lagi sambil rapihin rok gue yang lecek dan basah itu. Gue ngegeleng, “gak papa kok”. Saat Rayna liat muka gue...
“Vis, lo mimisan!” gue tau. Gue ngerasa ada yang ngalir dari idung gue. Tapi gue lemes. Gue pusing. Mungkin gara gara benturannya kenceng. Selanjutnya, gue cuma tau kalo gue pingsan.
***
Satu, dua, tiga, empat...
Iya, ada empat orang di sekeliling gue. Entah itu siapa, pandangan gue masih belom jelas. Yang jelas, sekarang gue lagi terbaring di UKS. Gue ngucek mata gue. Pandangan gue menjelas. Ada guru UKS, Rayna, Randy sama... Reza? Kok ada Reza? Biarin, gue ga peduli ada siapa disini.
“Visca?! Ca, lo udah sadar?” kata Rayna sambil megang tangan gue. Matanya merah. Dia nyeka air matanya sambil nyedot ingus. Hih. Gue mencoba untuk duduk.
Guru UKS gue nyegah gue, “udah kamu tidur dulu aja, energinya belom cukup”. Gue pun tidur lagi. Gue mandang ke sekitar. “gue... kenapa Na?” tanya gue pada Rayna. Rayna natep gue, “tadi lo pingsan. Sekarang gue tanya, sebelumnya lo kenapa?”
Gue merem bentar, nginget apa yang terjadi tadi.
“gue... gue kepeleset. Jatohnya keras. Pantat gue nyampe sakit banget. dan saat gue nyoba berdiri kaki gue nyenggol pel yang batangnya kayak dari besi itu, dan gagangnya itu nimpa muka gue, pas di idung gue. Makanya gue mimisan,” jelas gue.
“yaudah kamu istirahat aja, bukan penyakit parah kok, cuma kecelakaan. Kalian juga kembali aja ke kelas, biar ga ketinggalan pelajaran,” kata guru UKS nyuruh temen temen gue keluar.
Mereka pun keluar. “cepet sembuh yaa Visca!” kata Rayna. “cepet sembuh yo sob!” kata Randy dan diikuti Reza, “get well soon” katanya sambil senyum. Gue senyum dan memejamkan mata gue lagi.
***



100% aseli no copy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar