Jumat, 30 Maret 2012

Little Rainbow - Part One #2

Sampe. Selamat. Alhamdu? Lillah.
Gue segera markir motor gue di depan SMA gue ini. Yes gue seneng banget sama sekolah ini. Kenapa? Karena penjaga gerbang nya kebo banget. Suka tidur. Jadi kita bisa keluar masuk sepuasnya dan kalo telat kadang suka ga peduli. Tapi pagipagi dia seringan bangun sih, makanya gue lebih berpikiran untuk gamau telat. Murid murid juga gak ada yang mau ngelaporin. Karna mereka sayang sama penjaga dengan sifat kebo begitu wakwak.
Beruntung banget gue pagi pagi gini penjaga gerbangnya tidur. Makasih yaAllah. Tapi kayaknya gue juga mesti bilang makasih sama arsenal. Kenapa? Kalo arsenal semalem ga tanding satpam yang biasa dipanggil Pak Mus ini ga bakal nonton dan akhirnya pagi ini dia ga bisa tidur. Terimakasih arsenal!
Gue pun manjat pager sekolah. Emang sih ga pantes banget cewe manjat manjat gitu. Tapi ini demi kepentingan juga. Jangan ditiru yak tapi.
Gue ngendap ngendap menuju kelas gue, kelas XII.1. yes! Gue berhasil wuhuw. Untung aja gurunya lagi sakit. Makasih penyakit. yaAllah kok gue laknat banget sih ya. Gue segera duduk di tempat duduk gue, sebelah Rayna. Gue pun menelantarkan tangan gue di meja.
“eh kemana aja lo?” tanya Rayna begitu menyadari gue udah di sampingnya.
“lo tau lah, telat” jawab gue asbun. Padahal ditanyanya kemana. Bodo. Peduli amat.
“kemana oon!” ulang Rayna.
“yaah tadi gue baru bangun jam 8 sih, kesiangan,” jawab gue enteng.
“lah terus kenapa bisa nyampe jam 9 kurang seperempat gini?” tanyanya.
SREK! Gue langsung bangun dari istirahat sementara(?) gue. Gue natap dalem dalem mata Rayna yang mundur mundur.
“eh muka lo kedeketan, maap nih ya gue gamau cipokan sama lo,” katanya.
“siapa juga yang mau cipokan sama lo! Eh nih ya gue gini gara gara emak lo. EMAK LO!” jawab gue kesel.
“emak gue? Kenapa dia? Haha” tanya Rayna sante.
“haha hihi haha hihi. Kampret tau ga, gue mau nanyain lo aja sampe ngobrol 10 menit udah gitu pas dia nyariin elo di rumah sampe 5 menit taunya lo udah berangkat. Nyesek tau ga!” cerocos gue sambil melipat tangan gue.
“ejigila hahaha, lagian lo nya siangan amat sih! Lah gue kan gamau telat,” ucap Rayna.
“lo hubungin gue kek, paling ngga sms,” kata gue membela diri.
“eh udah yaa! Cek aja hp lo!” kata Rayna ngotot. Gue nge cek hp. Eh ternyata emang bener ada sms dari Rayna. Rayna natap gue dengan alis mata sebelah naik. “ga kerasa,” kata gue. “kulit badak,”.
“eh iya Randy mana?” tanya gue ke Rayna. Randy juga sahabat gue, tapi cowo. Gue lebih dulu kenal dia sejak SMP. Udah deket dari lama. Sementara Rayna yang baru kenal gue dari SMA gue kenalin sama sobat tersetia gue ini. Akhirnya kita bertiga pun deket.
“biasa,” jawab Rayna. “rapat OSIS,” lanjutnya. Gue cuma manggut manggut.
Ga lama kemudian Randy pun masuk kelas sama Rio sama Ira yang juga anak OSIS. Randy ke tempat duduknya. “eh lo udah dateng Vis?” tanyanya begitu melihat gue. “belom!” gue nyolotin aja.
“hahaha kemana aja lo?” tanyanya. Gue nengok cepet ke arah Rayna yang artinya –minta penjelasan aja ke Rayna’. Randy bertanya pada Rayna tapi Rayna cuma ketawa kecil aja. Randy pun akhirnya diem dan gamau tau lagi. Dia duduk anteng di kursi sambil baca tabloid. Cowo ini emang demen baca tabloid. Gue juga heran napa bisa gitu. Cowo men cowo!
“eh ada audisi casting nih,” ujarnya. Gue sama Rayna langsung nyergap tabloid Randy tapi direbut lagi sama Randy nya. “apaansih!” omel gue. “punya gue gan,” katanya. Gue manyun aja.
“mau ikutan?” tanya Rayna nengok ke gue. Gue balik nengok ke dia. Mikir bentar.
“hahaha kalo lo yang ikutan mah ga pantes Vis!” ejek Randy. Kampret emang. Gue pukul aja punggungnya yang berklakson “aw!”.
“serius nih gue,” kata Rayna.
“emangnya lo mau ikutan Ray?” tanya gue. Rayna diem bentar.
“emak gue sih pernah nyuruh walaupun gue ga gitu minat. Yaa gue pengen aja bikin emak gue bangga,” jelas Rayna.
“omaigad plis jangan emak lu lagi,” protes gue, trauma.
“ini emang sebenrnya ada apa sih?!” tanya Randy penasaran.
“hahaha, tapi emak gue udah ga pernah ngomongin soal itu lagi. Gue gatau deh. Lo ngikut Vis?” lanjut Rayna.
Gue ngangkat bahu, “kata Randy gue ga pantes,” jawab gue. Rayna melototin Randy yang kemudian nengok ke gue, “yehaha gue mah bercanda sob! Ikutan aja! Gue mah pasti dukung lagi!”. “eh gue jugaa dukung!” kata Rayna. Gue senyum. Seneng gila punya sobat macem mereka. “tapi lo juga ikutan ya Ray?” pinta gue. “hmm kalo lo yang minta sihh ayo deh!” jawabnya kemudian tersenyum. Gue langsung meluk dia. “thanks sob,” kata gue.
“eeh gue ga dipeluk nih?” goda Randy. “idih ogahh emang pengen banget banget gue peluk ya? Wakaka” gue bales godain aja.
“najis lu hahaha!” akhirnya kita tenggelam (ngenes amet yak) dalam tawa.
“eh iya audisi nya kapan Dy?” tanya Rayna. Gue ngangguk setuju aja. Randy ngecek tabloid penuh pahala (ga juga sih) itu. “disini tulisannya 20-27 Maret. Tapi batas pendaftarannya 3 maret. Eh buruu kalian daftar gih!” kata Randy. “formulirnya?” tanya Rayna. “lo cetak aja dari web ini,” jawab Randy sambil nunjuk sebuah alamat web yang tertera disitu. “wuoelah rempong amat yak,” protes gue.
“ah elo mah emang dari dulu ga suka ribet! Yaudah lah sebagai sobat yang berbaikti dan taat agama gue aja yang cetak. Kurang baik apa sih gue sama lo,” protes Randy.
“mwuahaha thankiees sobaat muahmuah,” jawab gue disambut kata ‘ish’ dari Randy.
***
Nyampe rumah gue langsung terlantar di pulau kapuk. Ah, capek. Setelah apa yang telah gue lakuin selama ini *azek.
Tanpa sadar gue pun terlelap dan masuk ke dunia mimpi *ajigile asoy seahoy ahoynya*.
Dan saat gue terbangun dari tidur siang gue yang lelap tanpa gangguan sehingga gue pun senang tanpa ada lagi kelelahan (panjang. Gila gue nangis, terharu men) gue ngecek hape gue. Ada sms. Dari Randy. Gue buka dah.
Isinya “3h qh@wanDhh 6uwE udh4 ch3taqy!n n!ch f0rmUl!Rny@ch....... (eh kawan gue udah cetakin nih formulirnya),” anjir gila. Nyesek gue bacanya. Mata gue kedat kedut. Sejak kapan Randy jadi alay begini. Gue bales aja “3h q!pliYh @saL l0uwH twU @jh4 n!ch yu@ch m@t4 6uw3 per!h bac@nyu4ch (eh kipli asal lo tau aja ya mata gue perih bacanya)” gila ni sms bener bener laknat banget.
Baru gue tinggal cari earphone bentar udah ada lagi balesan dari si Randy, “anjir apaan tuh bacanya?” gila ya gue bacanya nyesek aja ga pake banget. Sebenernya yang mulai alay itu siapa? Siapa?! Siapaa?!! Jelaskan padaku mak dimana bapakku! Eh nyasar gini kenapa jadi guee yang kena omel? Kenapa?! Kenapaa?!! Jelaskan padaku mak kenapa emak single dari dulu. Stop. Gila lo. Gila. Stress. Stress aja. Ga pake banget. Sekian.
Bodo ya bodo gue langsung kembali ke topik semula, gue bales aja dengan simple berbahasa Indonesia dengan ejaan yang disempurnakan, “lalu bagaimana langkah selanjutnya?” balas gue. Mantep kan ya? Mantep dong. Well, ga lama Randy bales, “Visca jijik ih geli gue bacanya. Yaudah lo dateng aja sini sm Rayna ke rumah gue.” Gue langsung bales “ok dah bentar ye gue jemput Rayna dulu. Lo tunggu aja kite. Wait a moment!” sent. Gue langsung aja nelpon Rayna buat konfirmasi, dan akhirnya oke. Rayna nunggu gue di rumahnya. Gue segera ganti baju, cukup rangkep jaket aja. Gue pamit ke mama gue yang lagi sibuk bikin spons cake, katanya ribet. Udah lah yak ga usah dengerin curhatan emak gue masa tua tua galau kan ga ahoy begete. Caw deh ke rumah Rayna!
Di jalan gue sante aja, ga ngebut ga pelan juga. Kemudian gue inget, kalo di rumah Rayna jangan jangan ntar gue ketemu sama... NYOKAPNYA RAYNA!
JGER!
yaAllah plis banget nih ya gue gamau ngulur waktu. Gue bingung gimana. Gue bener bener trauma sama yang waktu itu. Sumpah gue bingung, kenapa gue jadi takut sama emaknya nyokapnya Rayna? Kenapa bisa gini? Padahal kita sama sama makan nasi, sama sama makhluk Allah, sama sama perempuan lagi. Tapi kenapa gue bisa takut gini? Anjir gue bingung banget. Sumpah ya selama perjalanan gue deg deg an banget jadinya. Dagdigdugserr~ yaAllah semoga gue selamat sampe tujuan deh. Amin.
Nyampe di kompleks nya Rayna dengan selamat, Alhamdulillah. Gue mulai mendekat ke rumah Rayna. Mesinnya sengaja gue matiin. Takutnya kalo kedengeran yang nongol bukannya Rayna tapi malah emaknya. Ini gaswat. Bener bener gaswat. Gue pun jalan bareng motor gue. Pelan. Nah kekurangannya gara gara mesin gue ga bunyi Rayna jadi ga tau kalo gue udah dateng. Akhirnya gue telpon Rayna.
“hallo,” sapa gue pertama.
“halo?”
“eh Rayna,”
“halooh?”
“eh eh halo halo!!”
“eh ini mana orangnya, halo haloo?”
“HALOO! HALO HALO BANDUNG HALO!!” anjir ini si Rayna kenapa jadi bolot banget begini. Yaudah gue teriakin aja sambil pake speaker.
“halo. Eh ini Visca kan ya?” tanya Rayna dari seberang sono.
“IYA INI GUE. INI GUE. VISCA!” gue teriakin aja daripada diulang ulang mulu. Nah saking begonya gue, sumpah bego banget. Gara gara teriak teriak jelas pada denger, termasuk... termasuk... termasuk........ NYOKAPNYA RAYNA! Tibatiba nyokapnya Rayna nongol.
JEGER!
Gue diem. Gue kayak orang beku. Gue dokem. Gue bener bener dokem. Gue... gatau mesti ngapain. Gue matiin aja telpon ke Rayna nya. Sialan. Sial. Sial!! Ini gara gara Rayna! Gara gara Rayna gue terjebak sama nyi Rerey (sebutan gue buat emaknya Rayna). Emkanya Rayna senyum ke arah gue dan gue disuruh masuk. Oke gue nurut aja, gue nurut. Gue ga bisa ngapa ngapain. Sumpah gue ga bisa ngapa ngapain.
Dalem ati gue doa aja yaAllah tolongin hambamu yang banyak dosa ini, ampuni aku yaAllah kasihanilah saya, gimana dengan mama saya nanti yaAllah? Jangan biarkan mama saya tinggal sendirian, kasihan ia yaAllah. Semoga Rayna nongol. Plis ya Rayna nongol. Tolong aku yaAllah aku janji shalat ga bakal bolong lagi. Gue muhasabah sendiri. Gue tobat mendadak.
Gue berhasil masuk rumahnya! Gue disuruh duduk di sofa. Lagi lagi gue berhasil! Yeah! Nah yang terberat, gue bakal mulai. Satu... dua... tiga, “tante Raynanya ada?” tanya gue ngebut biar ga dipotong. Apa? Gue berhasil? Gue berhasil?! Yess gue berhasil! Gila gue udah mulai profesional nih kayaknya.
“oh ada kok ada! Kenapa? Lagi mau jalan ya? Kemana? Berdua aja? Mau ngapain?” tanya Nyi Rerey. Noh. Noh. Noh kan! Gue cuma nanya satu kalimat dengan tiga kata dan tujuh suku kata, dia jawab dengan enam kalimat empat belas kata dan dua puluh sembilan suku kata. Jauh kan? Banget.
“iya mau ke rumah temen sebentar tante. Raynanya mana ya?” yes gue berhasil to the point.
“sebentar ya,” jawabnya dengan singkat. TUMBEN. HAHAHA gue seneng kiw. Eh tuh lo pada liat kan? Dia udah janji sebentar. Gamau tau dia udah janji pokoknya harus bentar walaupun gue sama sekali ga yakin dia bisa gitu, tapi gamau tau awas aja kalo lama. Liat aja ya tante!
Tiba-tiba muncul sesosok wanita. JLEB! Dia itu...... nyokapnya Rayna.
Eh ada apaan nih? Jadi kaga lama nih? Jadi Nyi Rerey ngomong ‘sebentar ya’ itu bener bener dari ati? Esumpehloo? Ga lama  nih suer? Gue ga percaya! GA PERCAYA! *ditekenin biar pada panik*.
“ini nak Raynanya. Kalian ati ati di jalan ya,” pesan Nyi Rerey.
“iya ma,” jawab Rayna sambil kemudian tersenyum.
“iya tante. Jalan dulu ya...,” pamit gue juga sambil tersenyum hohoho.
Akhirnya gue sama Rayna pun caw ke rumah Randy. Berangkat ke rumah Rayna gue ga tenang, pergi dari rumah Rayna juga gue ga tenang. Nahlo napa bisa gitu? Kalo mau ke rumah Rayna gue jelas ga tenang gara gara yaa lo taulah emak Rayna gimana. Gue takut terjebak begitu lama dalam obrolannya. Terus pas pulang kenapa masih ga tenang? Gara gara gue GAK terjebak dalam obrolannya. Nah bingung kan, kejebak salah ga kejebak juga salah.
Abisnya nih ya itu ga nyokapnya Rayna banget! Biasanya beliau *eaea* main nyerocos aja ngomongnya panjaang banget kayak kereta api tut tut tut. Tapi sekarang? Deg. Gue takut. Takut kenapa? Takut itu bukan Nyi Rerey. Gimana kalo itu ternyata alien? Gimana?! Atau gimana kalo itu ternyata siluman?! Siluman macem naga naga ato uler di indosiar itu... gimana?!
Atau yang terburuk... gimana kalo ternyata arwah nyokapnya Rayna digantikan oleh arwah nyokapnya Rayna yang laen. Arwah pembalas dendam. Dia pengen bales dendam ke gue atas apa yang selama ini gue pikirin tentangnya! Ntar tiba tiba di depan mall mall ada cover film dengan tulisan “Dendam Nyi Rerey” dan wajah gue dan nyokapnya Rayna terpampang di depannya! Jleb. Gue gamau. Emaak plis banget gue gamau!! Gue masih mau lulusin SMA, bentar lagi mak tanggung! Gueguegue masih mauu kuliah biar sukses! Gue gamau mati konyol cuma gara gara dendam nyokapnya Rayna apalagi nyampe di pilem in gitu. Gagagamau. NO WAY!
“Vis?” Rayna nyadarin gue.
“eh eh iya?”
“ lo kenapa? Muka lo pucet gitu?” tanya Rayna. Dia ngekhawatirin gue dong ya? HUAHAHA.
“eh eh ngga... gue cuma... cuma... ngga kok ga papa!” jawab gue. Boong.
“lah? Udah jujur aja kaliii!”
Oke, Rayna nyuruh gue jujur. “oke lo yang nyuruh berarti lo ga boleh ketawa!”
“yaiyalahh ngapain juga gue ketawa coba?”
“gue... takut main di layar lebar ‘Dendam Nyi Rerey’” jawab gue. Jujur.
“hah? HUAHAHAHAHAHAHAHA” sumpah si Rayna ngakak nya puas  pake banget.
“gue gigit juga lo! Tadi janji gamau tawa juga!” protes gue.
“hahaha sorry sob sorry. Abisnya elo... wakakak” dia lanjut ngakak. Sumpah deh baru gue kasih tau sedikit intinya aja dia udah ngakak. Gimana kalo gue jelasin semuanya? Dari a sampe z? Nyesek.
Oke gue ga perlu mikirin Nyi Rerey dan pilem nya juga Rayna dan ngakakaknnya. Ibu dan anak yang kompak. Gue langsung aja tarik gas ke rumah Randy
***
“woy! Masuk bos!” sambut Randy begitu tau gue dan sang pengakak ini dateng. Eh nyesek ga sih sebenernya? Dari tadi sampe sekarang, 10 menit an lah ya si Rayna masih aja ngakak! Gilanjir nyesekabis. Randy yang tau Rayna ngakak ga berenti berenti ya sontak penasaran.
“eh lo kenapa sih Ray?” tanya Randy. Mata nya sipit sebelah.
“biasalah orang gila,” gue main sautin aja. Lagian emang gila tuh bocah.
“hahahaha. Eh Ndy lo tau ga sih, masa ya tadi tuh si Visca...,”
“halah apasih lo udah ah udah! Ga usah diladenin Ndy, orang gila!” gue sewotin banget. Gue gituin si Rayna mah mestinya takut kek diem kek, eh malah tambah ngakak. Sumpah ya nyesek banget gue punya temen kayak gini. Randy yang gak tau apa apa jadi ikutin tawa. Ga asik banget gue doang yang mingkem dengan tampang kusut.
Alhasil gue ikut tawa yaa tentunya dengan terpaksalah dan menghasilkan bunyi “Ha Ha” dengan irama dan tempo 2/4. Randy sama  Rayna sekejab mingkem. Yes ga berisik. Sekejab kemudiam mereka ngakak lagi. Gue bener bener ga ngerti mau mereka itu apa, sumpah jangan tanya gue. Gue bener bener ga ngerti. Dan gue sian lah sama lo lo pada. Kenapa? Karna lo lo pada ga bisa ngerti. Gue yang segini deketnya aja ga ngerti, gimana lo lo pada.
Okelah akhirnya gue sama Rayna masuk ke rumah yang cukup megah itu. Gue sama Rayna dituntun ke kamar nya Randy. Gue ga kaget liat  graffiti yang dibuat pake pilox dan poster poster ada dimana mana. Gue udah biasa liat sih. Apalagi gue tau banget jiwa Randy itu jiwa seni. Dia juga pinter pelajaran. Hebat ya. Tapi kalo masalah kerapihan dia gagagakuat banget. Asli deh lo kalo liat kamarnya mangap mangap tanpa kedip sambil ngomong “hamina hamina hamina hamina” #korbanspongebob. Rayna yang baru pertama masuk kamar Randy ini aja mulutnya minta disumpel banget. Nganga lebar macem kuda nil, matanya juga gede sebelah gitu. Gue sumpel aja mulutnya pake kaos kaki yang nganggur di meja belajar. Rayna langsung muntahin kaos kaki itu. Gue sama Randy ngakak aja sementara Rayna masih berkicau “uhuk uhuk! Hoeek!!”.
“punya bokap gue,” kata Randy.
“laknat lu Vis,” protes Rayna. Gue ga bisa jawab. Gue masih ngakak aja.
Randy ngambil dua formulir audisi casting dari rak nya. Dia nyerahin satu ke gue satu lagi buat Rayna. “nih,” katanya sambil ngasi pulpen juga. Gue sama Rayna segera ngisi formulir itu. Oke selesai. Habis ngobrol ngobrol bentar gue sama Rayna langsung pamit pulang sama Randy, sama nyokapnya Randy juga. Bokapnya ga ada, palingan lagi kerja.
Oke gue langsung nganterin Rayna pulang tanpa ketemu Nyi Rerey yang semoga bukan alien, bukan siluman maupun arwah lain. Gue pun langsung caw pulang.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar