Rabu, 18 April 2012

Little Rainbow - Part Three #1

Part Three
Gue ngelirik jam. Jam tujuh pagi. Gue kesel. Sumpah kesel. Sama bibi gue. Kenapa? Ini hari libur dan gue dibangunin jam segini!
O em jiii padahal kan kalo libur gue bisa molor semolor molornya keboo! Tapi bibi gue tersayang malah ngebangunin gue yang lagi asik asiknya tidur. Nye—sek! Kapan lagi gue bisa molor? Kapaan?! Minggu? Bisa sih, tapi masa cuma seminggu sekali? Ga adil.
Gue masih ngantuk. Ngantuk banget. Tapi biasanya kalo udah telanjur bangun gue susah buat tidur lagi. Parah banget nih aah, raga gue pengen banget tidur lagi, tapi jiwa gue gamau. Pengennya bangun. Kenapa sih lo berdua ga akur banget?! Kalo gini kan gue yang susaah. Alhasil gue duduk aja di kasur masih setengah nyawa dan mata gue masih setengah jadi alias sipit, masih lengket minta merem. Mulut gue juga rupanya telah menghasilkan pulau jawa. Ga lama lagi mesti diresmikan pemerintah.
“bibi...,” gue mencoba mengeluarkan suara tapi masih berat banget. Gue ga bisa manggil bibi gue apalagi teriak. Suara gue serek abis, masih nyangkut di tengah tengah.
“bibi...!” gue mencoba manggil bibi gue lagi dan kali ini suara gue berhasil keluar lebih keras. Eh iya gue lupa. Bibi gue kan udah lumayan tua. Jelas kupingnya makin ga beres. Yawlah sian amat sih gue. Tapi gue butuh bibi gue di samping gue. Sekarang! Bibi, ku menunggumu sayang! Kapan kau kan datang padaku? Menerima cintaku yang slalu menunggumu ini? Gombalalala salah alamat.
“bibiiiiii!!!” ahaohyeah! Akhirnya suara gue cukuplah paling ya buat didenger bibi gue. Suara gue kali ini bener bener asoy. Nge rock ahay karna serek serek basah dan teriak menghasilkan suara kayak vocalistnya slank. I’M ROCK MEN!! OH YEAAAAH!!!! Gue jingkrak jingkrakan sendiri ga jelas di kasur gue. Tanpa tau apa maksud dari semua ini dan maksud dari... panggilan gue. Tunggu, gue manggil bibi gue buat apa?
Tiba tiba muncul sesosok wanita dari pintu kamar gue. Tak lain dan tak bukan adalah bibi gue. Gue mulai turun duduk perlahan dari jingkrak jingkraknya gue. “ya non?” tanyanya. Gue udah bener bener duduk seutuhnya. “ada perlu apa?” tanya bibi gue lagi. Nahlo. Mantep dah. Gue mesti jawab apa? Gue terpojok. Gue bingung sendiri. Gue mesti jawab apa? Gue kelayapan sendiri. Ngapain gue manggil bibi gue? Aslinya... gue bener bener gatau mau ngapain!
“non, ada apa ya?” tanya bibi gue lagi.
“eh emm engga bi, ga ada apa apa,” jawab gue jujur.
“ohh jangan jangan non kangen bibi ya? Tapi ga mau ngaku. Iya kan?” kata bibi gue NYOLOT.
Gue langsung natap bibi gue dengan tatapan aneh dan mojok ke dinding gue.
“ididih, apaan noh? Emang pengen banget gue kangenin ya?” gue bales nyolotin.
“emangnya non pengen banget bibi jawab ya?” nyolotan gue dibales MAKIN NYOLOT.
Pala gue udah nyut nyutan. Emosi gue udah ga karuan. Bibi gue ini maunya apa?! Gue udah ga kuat lagi. Guling yang sedari tadi gue peluk gue lempar “KELUAAR GAK?!”.
“loh kan tadi non yang manggil bibi kenapa non langsung ngusir bibi juga?” bibi gue yang abis nangkis guling gue make raket nyamuk yang tergeletak tak jauh dari dia pun bertanya gitu.
“SUKA SUKA GUE! GA SUKA? UNFOLL!” gue pun bales nangkis guling tersebut pake sapu lidi. Jelas gulingnya jatoh karna sapu lidi yang begitu lemesnya ga kuat.
“yaudah ya, kan followers bibi udah seribuan,” kata bibi gue sambil keluar kamar gue.
“GA PEDULI!!!” teriak gue dari kamar. Asli nih bibi ngeselin banget. Asli bikin gue kesel. Emang serius dia punya twitter? Serius followers dia... seribuan? Gue kebalep dong? Ga ga gue ga percaya. Gue—ga—percaya!
Oke gue ga mau ngeboongin perasaan gue sendiri. Sebenernya gue boong gue ga peduli. Gue... ya itulah. Masa iya followers dia seribuan? Gue duduk terdiam. Masa iya? Ga percaya, sumpah ya gue bener bener ga percaya. Gue ngeliat laptop gue yang mereknya ‘orange’ tergeletak di meja belajar gue. Gue langsung nyamber ntu laptop dan gue buka. Setelah windows 8 nya ready gue segera buka gugelkrom. Gue segera buka twitter gue dengan usern @viscacicu dan ngeliat followers gue yang masih 700an, tepatnya 753.
Gue nyari akun twitter bibi gue yang niatnya mau nge unfoll gue. Tapi belom kan? Kejadiannya masih barusan dan pasti bibi gue belom sempet ol twitt. DEG! Gue menemukan sebuah usern disitu yang bikin pikiran gue kacau. Nama usernya @bibiskuit. Gue tau banget bibiskuit itu singkatan dari apa. Singkatan dari bibi sukiyati. Iya, itu nama bibi gue. Tapi sumpah. Dia kok bisa nyingkat nama kampung jadi gahoel gitu?
Hmm atau jangan jangan ini bukan akun dia? Bisa aja! Ga cuma dia kan yang namanya bibi? ga cuma dia kan yang namanya sukiyati? Ga cuma dia kan yang suka biskuit? Ga cuma dia kan yang cewe? Ga cuma dia kan yang idup? Ga cuma dia kan yang pernah sekolah? Ga cuma dia kan yang punya twitter? Lah jadi nyasar. Gue bener, ga cuma dia. GA CUMA DIA. HAHAHA!
Gue penasaran siapa yang mau usern twitter nya mirip sama nama bibi gue yang najisnya naujubilah ini. Akhirnya gue klik usern itu dan menuju ke profile seorang tweeps. Gue ngeliat avanya. Deg. Deg lagi. Deg lagi lagi. Avanya... itu... bibi gue. Miape ih?! Avanya bener bener bibi gue! Muka bibi gue! Gue peratiin lagi avanya. Deg. Gue nyesek. Dia pake sebuah topi yang setelah gue teliti ulang itu topi gue. Sialan. Gue telusuri ke mukanya. Dia pake lipstik merah plus lipgloss. Jari telunjuknya ada di depan bibir nerah norak yang manyun. GLEK. Gue nyesek abis. Bibi gue... alay.
Gue peratiin turun lagi ke bajunya. Dia pake kemeja?! Dan setelah gue teliti ulang. Anjrt. Itu kemeja gue! Ga salah lagi! Itu emang kemeja gue! Dan di foto itu dia lagi duduk di... kasur gue?! Sialan! Sialan! Sialaaaaan!!! Bibi gue maunya apa?! Gue berusaha sabar. Oke gue maafin. Udah berlalu. Buat apa coba. Gue ngeliat nama twitternya. DEG!
Gue nyesek lagi. Mau tau namanya? Saran gue, lo mesti siapin mental lo dan kalo lo punya serangan jantung, tutup buku ini. Jangan lanjutin baca. Inget gue bilang ini demi kepentingan lo. Kalo suatu saat jantung lo keserang karna  baca buku ini jangan bilang gue ga pernah ngingetin. Jangan sekali kali tunjukin ke kakek nenek lo atau orang tua lo yang udah tua. Diluar tanggung jawab gue ya. Namanya adalah...
‘bibiy nyua visca inginh claluw dichayank’
JLEB!
Kenapa... kenapa... kenapa ada nama gue disitu?!
Kenapa... kenapa... kenapa namanya mesti alay?!
Kenapa... kenapa... kenapa dia curhat kalo dia pengen selalu disayang?!
Kenapa... kenapa... kenapa nama ini bikin gue ilfeel?!
Kenapa... kenapa... kenapa burung di luar berkicau?!
Kenapa... kenapa... kenapa istri tetangga ribut mulu sama suaminya?!
Gila. Sumpah nyesek. Nyesek banget kalo lo jadi gue. Asli ya bukan main. Lo jangan sekali sekali nyoba jadi gue. Gue udah pernah ingetin, DON’T TRY THIS AT HOME!
Gue mulai menelusuri akun bibi gue ini lagi. Usern udah, ava udah, nama udah. Bawahnya nama, bio. Bismillah yaAllah, kuatkan hamba membaca ini yaAllah. Gue mulai membaca.
“hY, LaM qNaL yuAcHh... QuwH bIBi suQiyhAtiy. QuwH niYh bIBi nyUacH Viyscha. eN qUwh inGinN cLaluWh diChaYank... mWu foLLbaCk? meNtiOn ajHa yuAphH...”
DEG JEDER GLEK!!
Lagi lagi gue nyesek pake banget. Kenapa? Karna LAGI LAGI ADA NAMA GUE DISITU. yaAllah sabarkan hambamu ini yaAllah. Mana tulisannya alay lagi. Mata gue kedat kedut bacanya. Mata gue perih! Gue baca locationnya, ‘diY haTi ciApapUn yaNg meNyayAngi quWh’ O EM JI. O EM JI. O EM JI. O em ji banget sih bibi gue arghhhh!
Nyesek lagi untuk yang ke... berapa kali? Udah berapa kali sih bibi gue bikin nyesek di hari ini? Di pagi ini? Di twitternya? Udah intinya gue nyesek lagi setelah ngetahui bahwa ternyata FOLLOWERS BIBI GUE BENER BENER 1000AN! Mati lu Vis, mati!! Gila gue mesti gimana? Bibi gue sebegitu eksis nya kah? Bibi gue yang nyolot nan buluk ini bisa se eksis ini? yaAllah berikan aku petunjukmu...
Gue baca tweet tweet dia yang udah 18.000an. gue bener bener yakin 100% kalo bibi gue ini emang ALAY, itu udah kebukti. Tapi kenapa orang alay nan manjijikkan macem bibi gue ini bisa seeksis ini?! Gue pusing berkeliling liling mikirinnya. Sebenernya nih ya, menurut lo, gue mesti bangga ga sih punya bibi begini? Mesti bangga ga sih? Gue bimbang. Gue galau. Gue... gue ga karuan.
Kalo misalnya sahabat gue di posisi dia alias sahabat gue adalah dia maka gue ya bangga. secara ya sohib gue getooh. Tapi yang jadi permasalahannya dan masalah utamanya adalah, yang ada di posisi ini ialah BIBI TERNYOLOT gue yang pernah gue kenal dan gue temui. Bibi gue yang berkarakteristik nyolot, alay, gahoewl, nyebelin, dan ‘ingin selalu disayang’ sebagaimana ia jelaskan, ia beberkan, ia curhatkan dalam namanya, yang ada nama gue disitu dan bikin gue nyesek.
Gue udah ga bisa mikir apa apa sangking bingungnya. Dan keadaan diperparah begitu bibi gue dateng masuk kamar.
Apa yang bakal dipikir bibi nyolot ini gue liat akun twitternya?!
Apa yang ada dipikiran bibi alay ini gue liat  akun twitternya?!
Apa yang akan dikatakan bibi gaul ini gue liat akun twitternya?!
Apa yang akan dilakukan bibi yang INGIN SELALU DISAYANG ini gue liat akun twitternya?!
JLEB! Gue makin bingung. Gue makin galau. Gue makin ga bisa mikir. Gue makin bingung mesti ngapain. Gue makin laper. Gue makin males sekolah. Gue makin pengen tidur.
Alhasil gue diem aja nerawangin bibi gue ini. Bibi gue yang aneh ngeliat gue kayak gini sontak langsung nanya,
“kenapa non?”
Gue langsung sadar. Gue goyang goyangin pala gue. Dan pas gue liat layar laptop gue, masih di akun twitter bibi gue! Tanpa pikir panjang gue langsung nutup tuh laptop, JEBRET!
“eh ngga, ga papa kok ga papa. Lo ngapain kesini?”
“cuma memastikan keadaan non aja, lagian non daritadi ga keluar kamar,” jawabnya.
“yaudah emang napa? Urusan lo gue ga keluar kamar?!” dzing gue nyolotin wahaha.
Bibi gue diem aja. Gue pikir yes gue bisa menang bacotin dia! Tapi dia perlahan tapi pasti ngambil laptop gue yang tadi gue mainin. Gue cuma ngeliatin aja. JGER.
Gue baru sadar itu bener bener laptop yang tadi gue pake.
Gue baru sadar kalo ntu laptop belom mati
Gue baru sadar kalo twitter gue belom di sign out.
Gue baru sadar kalo twitter itu daritadi masih nampilin akun twitter bibiskuit.
Gue baru sadar kalo... laptop itu di buka bakal nampilin akun twitter bibi gue!
Gue baru sadar kalo bibi gue buka dia bakal liat gue lagi buka akun twitter dia!
Gue baru sadar kalo dia udah megang ntu laptop!
Gue baru sadar kalo dia udah ngebuka ntu laptop!
JEGER. Mati gue. Mati. Apa yang bakal dia lakuin? Pikirin? Tamatlah sudah. Mama, papa, makasih banget udah ngebesarin aku sampe sekarang. Makasih udah lahirin aku, makasih udah ngenalin aku ke dunia yang menakjubkan ini. Makasih udah kenalin aku sama Sang Maha Pencipta, Allah SWT. Makasih udah sabar buat terus ngerawat aku yang kalem ini ehm—agak kalem lah ya, plis.
Buat Allah, makasih udah jadiin aku anak mama papaku yang selalu setia merawatku ini, udah kasih aku kekurangan yang buat aku lebih dewasa beserta kelebihanku. Buat temen temen, saudara gue, makasih banget udah hadir di kehidupan gue dan bikin hidup gue lebih berwarna, terutama untuk sahabat sahabat gue. Buat guru gue, makasih udah ngajarin gue banyak hal, dari gue bego banget kayak dulu sampe sekarang, masih bego. Dan buat bibi gue—no thanks, no comment.
Bibi gue meratiin layar laptop gue. Dia senyum senyum sendiri. Terus perlahan tapi pasti, kalo kata orang jawa alon alon asal klakon, dia meratiin muka gue. Gue langsung nunduk. Anjir gue mesti ngomong apa nih? Muka gue kayaknya merah. Plis banget ya Allah berikanlah petunjukMu pada hambamu yang berlumur dosa ini.
“ciyeeh si enon. Ngapain liat liat akun twitter saya?” tanyanya.
Ini dia. Ini dia. INI DIA. Apa yang selama ini gue pikirin, gue galauin, gue bingungin akhirnya tiba juga. I—ni—di—a. Gue muter otak. Kalo Randy jadi gue, apa yang akan dia lakuin? Gue mikir lagi sejenak. Nah! Itu dia! Cara Randy campur cara gue.
“enggak, cuma lagi ngecek in followers gue satu satu kok,”
“hmm kok ini ada tepat di akunnya bibi?”
“......yaa bibi kan followers gue juga,”
“oh iya ya. wah hebat ya bisa tepat di akun bibi,” jawab bibi gue sambil ngeliatin akunnya sendiri. Eh gila ya, dia lihai banget mainin laptop ‘orange’ gue.
Eh, gue berhasil ngeboongin dia? Gue berhasil? Berhasil?! HAHAHA gue berhasil? Dengan mudahnya? Weeiss gue bangga dengan diri gue sendiri.
Gue masih senyum senyum sendiri sambil duduk dan masih dengan tampang ngantuk mata sayu, juga berlinang il... eh—Pulau Jawa. Biarin deh kumel bekuclek bentar, yang penting gue bangga menjadi gue. Bangga. Gue nyengir mamerin gigi gue sambil ngeliatin bibi gue bersama laptop gue. Oke, gue sadar kayaknya dengan keadaan gini gue udah ga tepat disebut kumel bekuclek lagi, tapi lebih parah. Entah apa itu namanya, teserah lo aja deh.
Akhirnya gue bangun beranjak dari kasur sambil nguap sekali dan ngucek mata bentar,  gue jalan ke kamar mandi dan disitu gue cuci muka, sekalian gosok gigi. Langkah selanjutnya gue say goodbye sama mata sayu, belek dan yang terpenting... Pulau Jawa. Selamat tinggal semua... jangan khawatir, aku takkan melupakan jasa kalian semua dan saat saat yang telah kita lewati bersama. Gue berlinang air mata. Eh enggak, ini lebay. Terlalu lebay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar